10 fungsi keluarga

Keluarga memang meiliki peranan penting dalam masyarakat atau bahkan dalam kedamaian Negara, karena             keluaraga bisa disebuat suatu pondasi dari kedamain Negara, jika dalam linkup kecil yaitu keluaraga sudah memilki masalah, apa jadinya lingkup besar yang dimana lingkup besar tersebut terbebtuk dari sekumpulan lingkup-lingkup kecil. Berikut peranan penting keluarga bagi masyarakat dan bagi Negara.


1.      Fungsi Produksi
Keluarga berfungsi sebagi media reproduksi sehinga akan mucul keturunan keturunan baru.
2.      Fungsi ekonomi
Kesatuan ekonomi mandiri,anggota  keluarga mendapatkan dan membelanjakan harta untuk  memenuhi keperluan
3.      Fungsi perlindungan
Keluarga harus senantiasa melindungi anggotanya dari ancaman fisik,ekonomis dan psiko   sosial.   Masalah   salah   satu   anggota   merupakan   masalah   bersama   seluruh   anggota keluarga.
4.      Fungsi rekreatif
Keluarga merupakan pusat rekreasi bagi para anggotanya. Kejenuhan dapat dihilangkan ketika sedang berkumpul atau bergurau dengan anggota keluarganya.
5.      Fungsi afektif
Keluarga memberikan kasih sayang, pengertian dan tolomg menolong diantara anggota keluarganya, baik antara orang tu terhadap anak-anaknya maupun sebaliknya.
6.      Fungsi edukatif
Keluarga memberikan pendidikan kepada anggotanya, terutama kepada anak-anak agar anak-anak   tumbuh   menjadi   anak   yang   mempunyai   budi   pekerti   luhur.  Sehingga   keluarga merupakan tempat pendidikan yang paling utama.
7.      Fungsi agama
Hal ini merupakan fungsi yang mendorong keluarga agar dapat menjadi wahana pembinaan kehidupan beragama yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," jelasnya.
8.      Fungsi sosial budaya
Diharapkan para keluarga dapat menjadi wahana pembinaan dan persemaian nilai-nilai yang luhur dari budaya tersebut, sehingga nilai luhur yang selama ini sudah menjadi panutan dalam kehidupan berbangsa tetap dapat dipertahankan dan dipelihara.
9.      Fungsi  cinta kasih
Mengapa cinta kasih? Tentu karena cinta kasih memiliki makna untuk mendorong keluarga agar dapat menciptakan suasana cinta dan kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya.

10.  Fungsi pendidikan
Bukan hanya berhubungan dengan kecerdasan, melainkan juga termasuk pendidikan emosional dan juga pendidikan spiritualnya.[1]







10 fungsi keluarga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AGUS TRI PURNOMO

0 komentar:

Post a Comment