jantung sebagai alat pompa darah keseluruh tubuh

JANTUNG sebagai alat pompa darah keseluruh tubuh

                Jantung adalah mesin pompa yang ada dalam tubuh manusia yang terbentuk secara alami . jantung adalah dua pompa yang berdampingan, yng masing mkasing memiliki dua Bilik. Dindingnya hamper semua terdiri dari otot-otot jantung, dua bilik diatas ARTERI KANAN dan kiri berdinding tipis dan  bertindaak selaku bejana yang mengumpul untuk menampung darah yang kembali ke jantung, dari tubuh Arteria kanan dan dari paru paru ke Arteria kiri. Dari sini darh masuk ke bilik bawah yang berdinding tebal Ventrikel kanan dan kiri- dan di pompakan dari sebelah kanan ke paru paru dan dari sebelah kiri ke seluruh tubuh.
                Banyak yang bilang jantung sebesar kepalan tinju , tapi sebenernya jantung itu lebih besar sedikit dari kepalan tinju. Pada rata –rata berat jantung pria adalah 350 Gram, sementara  berat di rata-rata wnita adalah 300 Gram. Jantung yang normal selalu berdenyut berirama mulai dari  60-80 dalam waktu satu menit. Semntara dalam waktu istirahat darah mengedari pembuluh darah tubuh  yang panjangnya kira-kira 60.000(enam puluh ribu) Mil sekali dalam satu menit dan dalam sekali memompa kira kira 120 mili liter darah atau kira-kira 7.950 liter setip hari berdenyut maupun banyaknya darah  yang di keluarkan dalam setiap berdenyut bisa 2 kali  lipat jika anda beraktifitas lebih keras.

                Jika sanda mengangkat benda seberat 4,5 kilongram setinggi satu meter setiap sepuluh detik , sama hal beratnya jantung melakukan pekerjaaanya  dalam waktu 10 detik pula.  Sungguh sulut untuk mengangkat beban ini  dua kai semenit dalm watu  delapan jam sehari  tai JANTUNG MELAKUKAN INI 24 JAM SETIAP HARI dalam seumur hidup.

jantung sebagai alat pompa darah keseluruh tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AGUS TRI PURNOMO

0 komentar:

Post a Comment