12 cara membuat brosur mudah dan keren unik dengan Photoshop

sebelum ke tutorialnya anda harus tau dulu
Apa yang dimaksud dengan "brosur"?

Brosur adalah salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan perusahaan Anda. Ada tri-fold brosur (brosur lipat tiga) yang digunakan untuk mengiklankan produk baru atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, atau ada brosur bi-fold folder (brosur lipat dua) yang digunakan untuk mempresentasikan proyek perusahaan Anda di luar atau di dalamnya.
Ada banyak contoh dan jenis brosur yang berbeda, dan setiap jenis memiliki cara berbeda untuk dirancang. Desain brosur bi-fold yang dipergunakan untuk mempresentasikan proyek-proyek perusahaan Anda untuk penggunaan internal akan berbeda bila dibandingkan untuk penggunaan eksternal.
Menentukan desain yang baik sebelum anda melakukan cetak adalah cara terbaik untuk memperkenalkan perusahaan Anda untuk pelanggan potensial Anda. dan tentunya melakukan promosi perusahaan Anda.
Brosur memiliki tiga fungsi:
Fungsi informatif : brosur biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada pelanggan potensial Anda berkaitan dengan perusahaan Anda. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan Anda, produk baru atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan, atau perubahan terbaru dalam nama perusahaan Anda, dll

Fungsi iklan : brosur benar-benar penting sebagai alat iklan atau promosi, yang menarik dan memungkinkan Anda untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa. Untuk keterangan lebih lanjut fungsi ini akan dianalisis dalam aspek Periklanan.
Fungsi Identifikasi : desain brosur yang baik memungkinkan Anda untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan Anda. Jika kriteria ini (kadang-kadang disebut konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan Anda mudah di identifikasi. Ini akan memberikan prestise dan kredibilitas perusahaan Anda. Hal ini penting untuk brosur perusahaan Anda tidak hanya memiliki "konsep", tetapi juga memiliki logo: sebuah logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, adalah salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.
Ketiga fungsi harus memiliki interaksi. Brosur tersebut harus menjadi hasil dari interaksi yang terjadi, jika tidak maka tidak akan efektif. Mungkin salah satu dari ketiga aspek tersebut lebih menonjol dari yang lain, tapi ini tidak akan mempengaruhi desain brosur Anda.
Sebagai contoh, jika perusahaan Anda ingin melakukan promosi peluncuran sebuah produk baru dan memutuskan untuk memiliki brosur yang dirancang untuk peluncuran ini, fungsi yang akan menonjol pada brosur Anda adalah iklan, meskipun brosur ini bisa memiliki informasi tentang produk dan pada saat yang sama waktu mewakili perusahaan Anda.
Tetapi jika perusahaan Anda menyajikan sebuah proyek untuk eksekutif perusahaan lain, fungsi yang akan muncul pada pandangan pertama dalam brosur ini adalah salah satu identifikasi, yang membuat perusahaan Anda exclusive dan bergengsi, sedangkan iklan dan fungsi informatif akan berada dalam tempat kedua.
Brosur ini sangat penting ketika kita berbicara tentang citra perusahaan Anda. Anda harus mendiskusikan dengan perusahaan desain Anda tentang format brosur terbaik yang akan dipilih, karena pilihan yang menentukan jika Anda ingin perusahaan Anda dapat dengan mudah di identifikasi.

Sebuah contoh brosur iklan bisa berwarna-warni dan memiliki tipografi yang besar, tetapi hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk proyek presentasi, karena biasanya proyek presentasi membutuhkan desain yang simple, sederhana dan formal.

Cara membuat sebuah brosur yang menarik lebih sulit daripada yang dibayangkan oleh sebagian besar orang. Karena, membuat sebuah brosur memerlukan waktu dan keahlian dalam bidang desain grafis. Untuk membantu Anda dalam membuat brosur yang menarik, saya mempunyai 12 post yang bisa membantu anda. Berikut ini adalah tutorial-tutorial membuat sebuah brosur :

1. Cara membuat brosur showroom mobil (menarik dan lucu)
Tutorial ini akan menunjukkan langkah-langkah pembuatan brosur yang dibantu oleh Photoshop hingga menjadi sebuah brosur menarik seperti yang terlihat pada gambar brosur di samping.


2.  Buat dan cetak brosur dengan Photoshop dan Indesign
Tutorial ini akan membantu Anda melalui proses lengkap dari merancang sebuah brosur sederhana hingga mendapatkan sebuah produk yang telah jadi atau siap dicetak.


Pada tutorial photoshop ini, akan membantu Anda membuat sebuah brosur lipat 3 dengan photoshop. Tutorial ini sangat ideal untuk orang-orang yang ingin tahu lebih banyak tentang desain cetak.



4. Cara membuat brosur dengan desain kreatif di Adobe Photoshop
Tutorial Photoshop ini, akan mengajarkan Anda bagaimana cara merancang brosur dengan 2 halaman (depan dan belakang).




5. Cara membuat brosur iklan dengan photoshop
Dalam tutorial Photoshop ini, Anda akan belajar cara membuat brosur iklan dengan menggunakan Magnetic lasso tool dan Anda juga akan melihat seberapa kuat filter bisa merubah nuansa gambar bersama dengan mode layers/lapisan campuran.


6. Cara membuat desain brosur dengan style perusahaan
Tutorial Photoshop ini akan membantu Anda mempelajari cara membuat desain brosur dengan style seperti perusahaan




7. Cara membuat desain brosur perusahaan komunikasi
Tutorial photoshop ini akan memandu Anda melalui penciptaan desain brosur untuk sebuah perusahaan komunikasi




8. Cara membuat sampul/cover brosur perjalanan/travel
 Pada tutorial ini, Anda akan mempelajari cara membuat sebuah sampul brosur dengan tema perjalanan.




9. Cara membuat brosur dengan desain 3 lipatan
Pada tutorial ini, akan ditunjukkan cara membuat brosur yang memiliki desain 3 lipatan. Ikutilah saran dalam tutorial brosur ini untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.



10. Tips merancang cover brosur
Tutorial photoshop ini, akan memandu Anda merancang sebuah cover brosur pada institusi pendidikan dengan menggunakan adobe photoshop.







 11. Desain brosur dengan Indesign
Catatan : File-file pendukung yang akan digunakan pada tutorial ini dengan tujuan hanya untuk pendidikan saja, karena mereka (file-file) disediakan oleh perusahaan yang sebenarnya.



12. Desain dan Layout brosur
Artikel ini bukanlah tutorial langkah demi langkah merancang brosur. Akan tetapi, artikel ini memberikan beberapa panduan yang berguna dan tips tentang cara memunculkan sebuah brosur dengan desain yang efektif.

12 cara membuat brosur mudah dan keren unik dengan Photoshop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AGUS TRI PURNOMO

0 komentar:

Post a Comment