cara menggunakan fungsi if dalam ms excel beserta contohnya

ms excel dalah salah satu program yang dimiliki oleh microsoft . bisanya ms excel banyak digunakan dalam perkantoran, sekolah, bank, dll. karena ms excel  dalam pengunaanya diangap sangat mudah, karena data yang kita buat menjadi tersusunj rapi dan kita juga bisa membuat berbagai macam tampilan, kini ms excel semakin berkembang, mulai dari  ms excel 2003 sampai sekarang yang masih populer adalah ms excel 2010. nah dalam kesempatan ini saya akan berbagi cara menggunakan fungsi if dalam ms excel beserta contohnya        bagaimanakah cara membuatnya yuk kita baca nih artikel. tapi sebelum kamu bermain dengan fungsi IF dalam excel alangkah baiknya kamu kenalan dulu dngan fungsi IF , nah ini dia pertanyaan yang tepat

Apa Fungsi Formula atau rumus If di Excel ? 

Baikalah Kita akan bahas Apa Fungsi Formula Logika If pada microsoft excel baik itu 2003, 2007 atau 2010. Formula atau rumus dasar if adalah  =IF(LOGICAL_TEST,VALUE_IF_TRUE,VALUE IF_FALS ). Kalau kita lihat dari rumus formula if  maka if memiliki dua kemungkinan kondisi dari sebuah pernyataan atau statement logika ( yang berwarna Kuning ) apakah statement atau pernyataan logika  itu bernilai benar ( yang berwarna Pink ) ataukah bernilai salah ( yang berwarna Pink Gelap ). Jika memenuhi syarat yang di tentukan dalam LOGICAL_TEST maka yang akan di tampilkan pada cell yang di beri rumus IF itu adalah Nilai Benar dan jika tidak memenuhi syarat yang di tentukan pada LOGICAL_TEST maka nilai salah lah yang akan di tampilkan.
Jadi Fungsi If pada microsoft excel yaitu untuk menguji Kebenaran suatu kondisi.

Catatan Penting : Jika rumus formula pada excel error coba ganti koma ( , ) sebagai pemisah setiap blok perintah dengan ( ; )


Contoh Penggunaan Rumus Formula If Pada Microsoft Excel 

Coba Anda Buat Tabel Nilai Siswa Seperti Berikut ini ( di usahakan sama persis agar tidak bingung ):
fungsi formula if excel 2003, 2007 ,2010

Kita Tentukan Cell Rata - Rata sebagai Sumber untuk mengisi keterangan nilai ANI LULUS Dan TIDAK LULUS, ketikan pada kolom Keterangan rumus seperti ini  =IF(D3<60,"TIDAK LULUS","LULUS")  yang bergaris bawah itu merupakan bahasa yang di mengerti komputer kalau kita baca kurang lebih seperti ini" Jika Nilai Ani yang Berada di kolom D Row 3 kurang dari 60 maka tulis TIDAK LULUS jika tidak ( lebih dari sama dengan 60 ) maka tulis LULUS".

Post berikutnya Penggunaan Fungsi Logika " OR ", " AND " , IF NASTE ATAU BERCABANG DAN KOMBINASI IF DENGAN "OR", KOMBINASI IF DAN "AND" 

Silahkan berikan komentar anda mengenai tutorial ini di bawah !

0 Response to "cara menggunakan fungsi if dalam ms excel beserta contohnya"

Post a Comment