Contoh sederhana program C++ bagi pemula



untuk kamu yang memang benar benar baru belajar C++ maka  cara terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman adalah dengan menulis program . Oleh karena itu , di sini adalah program pertama kami :
baca selengkapnya di
Contoh sederhana program C++ bagi pemula


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
// contoh program pertama saya di C++

#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
  cout << "Hello World!";
  return 0;
}
hasilnya dibawah ini


Hello World!

Panel pertama ( warna biru muda ) menunjukkan kode sumber untuk program pertama kami . Yang kedua (dalam abu-abu terang ) menunjukkan hasil dari program sekali dikompilasi dan dieksekusi . Ke kiri , angka abu-abu mewakili nomor baris - ini bukan bagian dari program, dan yang ditampilkan di sini hanya untuk tujuan informasi . Cara untuk mengedit dan mengkompilasi sebuah program tergantung pada compiler yang anda gunakan . Tergantung pada apakah ia memiliki Interface Pembangunan atau tidak dan pada versi . Konsultasikan bagian kompiler dan manual atau bantuan disertakan dengan kompiler Anda jika Anda memiliki keraguan tentang cara untuk mengkompilasi C + + program konsol . Program sebelumnya adalah program magang programmer khas yang menulis untuk pertama kalinya , dan hasilnya adalah mencetak pada layar dari " Hello World ! " kalimat . Ini adalah salah satu program paling sederhana yang dapat ditulis dalam C + + , tetapi sudah berisi komponen fundamental bahwa setiap C + + program memiliki . Kita akan melihat baris demi baris pada kode yang kami baru saja menulis :

_______________________________________________________________
// contoh program pertama saya di C++
Ini adalah baris komentar . Semua baris yang dimulai dengan dua garis miring tanda ( / / ) dianggap komentar dan tidak memiliki efek pada perilaku program. Programmer dapat menggunakannya untuk menyertakan penjelasan singkat atau observasi dalam kode sumber itu sendiri . Dalam hal ini , garis adalah penjelasan singkat tentang apa program kami .
________________________________________________________________
#include <iostream>

Baris yang dimulai dengan tanda hash ( # ) adalah petunjuk untuk preprocessor . Mereka tidak baris kode teratur dengan ekspresi tetapi indikasi untuk preprocessor compiler . Dalam hal ini direktif # include memberitahukan preprocessor untuk menyertakan file standar iostream . Ini file tertentu ( iostream ) meliputi deklarasi perpustakaan standar dasar input-output dalam C + + , dan itu dimasukkan karena fungsinya akan digunakan nanti dalam program .
_______________________________________________________________
using namespace std;

Semua elemen standar C + + perpustakaan dinyatakan dalam apa yang disebut namespace , namespace dengan nama std . Jadi untuk mengakses fungsionalitas kami menyatakan dengan ungkapan ini bahwa kita akan menggunakan entitas ini . Baris ini sangat sering di C + + program yang menggunakan perpustakaan standar , dan sebenarnya itu akan dimasukkan dalam sebagian besar kode sumber disertakan dalam tutorial ini .
_______________________________________________________________
int main ()

Baris ini sesuai dengan awal definisi fungsi utama . Fungsi utama adalah titik oleh dimana semua C + + program mulai eksekusi mereka , terlepas dari lokasinya dalam kode sumber . Tidak peduli apakah ada fungsi lain dengan nama yang lain didefinisikan sebelum atau sesudah itu - instruksi yang terkandung dalam definisi fungsi ini akan selalu menjadi orang pertama yang akan dieksekusi dalam program C + + . Untuk alasan yang sama , adalah penting bahwa semua C + + program memiliki fungsi utama. Kata utama diikuti dalam kode oleh sepasang tanda kurung ( ( ) ) . Itu karena merupakan deklarasi fungsi : Dalam C + + , apa yang membedakan sebuah deklarasi fungsi dari jenis lain ekspresi kurung ini yang mengikuti namanya . Opsional , kurung ini dapat melampirkan daftar parameter dalam diri mereka . Tepat setelah kurung ini kita dapat menemukan tubuh fungsi utama diapit oleh kurung ( { } ) . Apa yang terkandung dalam kurung tersebut adalah apa fungsi tidak ketika dijalankan .
________________________________________________________________
cout << "Hello World!";

Baris ini adalah C + + pernyataan. Pernyataan adalah ekspresi sederhana atau senyawa yang benar-benar dapat menghasilkan beberapa efek . Bahkan , pernyataan ini hanya melakukan tindakan yang menghasilkan efek yang terlihat dalam program pertama kami . cout adalah nama dari aliran output standar di C + + , dan makna dari seluruh pernyataan adalah untuk memasukkan urutan karakter ( dalam hal ini urutan Hello World karakter ) ke output stream standar ( pengadilan , yang biasanya sesuai dengan screen ) . pengadilan ini dideklarasikan pada file standar iostream dalam namespace std , jadi itu sebabnya kami perlu menyertakan file tertentu dan menyatakan bahwa kami akan menggunakan namespace spesifik ini di awal kode kita . Perhatikan bahwa pernyataan diakhiri dengan karakter titik koma ( ;) . Karakter ini digunakan untuk menandai akhir dari pernyataan dan kenyataan itu harus disertakan pada akhir semua pernyataan ekspresi dalam semua C + + program ( salah satu kesalahan sintaks yang paling umum memang lupa untuk menyertakan beberapa titik koma setelah pernyataan ) .
________________________________________________________________
return 0;

Kembali pernyataan menyebabkan fungsi utama untuk menyelesaikan . kembali bisa diikuti oleh kode kembali ( dalam contoh kita diikuti oleh kode kembali dengan nilai nol ) . Sebuah kode kembali 0 untuk fungsi utama umumnya ditafsirkan sebagai program bekerja seperti yang diharapkan tanpa ada kesalahan selama pelaksanaannya . Ini adalah cara yang paling biasa untuk mengakhiri C + + program konsol .

 Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tidak semua baris program ini melakukan tindakan saat kode dijalankan . Ada garis yang hanya berisi komentar ( yang berawal dengan / / ) . Ada baris dengan petunjuk untuk preprocessor compiler ( yang berawal oleh # ) . Lalu ada garis-garis yang mulai deklarasi fungsi ( dalam kasus ini , fungsi utama) dan , akhirnya baris dengan pernyataan ( seperti penyisipan ke pengadilan ) , yang semua termasuk dalam blok dibatasi oleh kawat gigi ( { } ) dari fungsi utama .


Program ini telah terstruktur dalam baris yang berbeda agar lebih mudah dibaca , tapi di C + + , kita tidak memiliki aturan ketat tentang bagaimana memisahkan instruksi dalam baris yang berbeda . Misalnya , alih-alih

1
2
3
4
5
int main ()
{
  cout << " Hello World!";
  return 0;
}

Kita bisa menulis :
 
int main () { cout << "Hello World!"; return 0; }

Semua hanya dalam satu baris dan ini akan memiliki arti yang sama persis dengan kode sebelumnya. Dalam C + + , pemisahan antara pernyataan ditentukan dengan titik koma berakhir ( ;) pada akhir masing-masing , sehingga pemisahan dalam baris kode yang berbeda tidak masalah sama sekali untuk tujuan ini . Kita dapat menulis banyak pernyataan per baris atau menulis pernyataan tunggal yang mengambil banyak baris kode . Pembagian kode dalam baris yang berbeda hanya melayani untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan skematis untuk manusia yang mungkin membacanya . Mari kita tambahkan instruksi tambahan untuk program pertama kami :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
// my second program in C++

#include <iostream>

using namespace std;

int main ()
{
  cout << "Hello World! ";
  cout << "I'm a C++ program";
  return 0;
}
Hello World! I'm a C++ program

Dalam kasus ini , kami melakukan dua sisipan ke pengadilan dalam dua pernyataan yang berbeda . Sekali lagi , pemisahan dalam baris yang berbeda kode telah dilakukan hanya untuk memberikan pembacaan yang lebih besar untuk program ini , karena utama bisa saja sempurna berlaku didefinisikan dengan cara ini :

 
int main () { cout << " Hello World! "; cout << " I'm a C++ program "; return 0; } 



Kami juga bebas untuk membagi kode ke baris lagi jika kita menganggap lebih nyaman :
1
2
3
4
5
6
7
8
int main ()
{
  cout <<
    "Hello World!";
  cout
    << "I'm a C++ program";
  return 0;
}

Dan hasilnya akan lagi menjadi persis sama seperti pada contoh sebelumnya . Arahan Preprocessor (yang dimulai dengan # ) adalah keluar dari aturan umum karena mereka bukan merupakan pernyataan . Mereka adalah garis dibaca dan diproses oleh preprocessor dan tidak menghasilkan kode apapun sendiri . Arahan Preprocessor harus dirinci dalam jalur sendiri dan tidak harus diakhiri dengan titik koma ( ;) .



0 Response to "Contoh sederhana program C++ bagi pemula"

Post a Comment